Rabu, 28 November 2012

Laptopku Mati


Kenapa laptopku mati, padahal baru ditinggal sebentar, tadi aku hanya ke toilet.  Aku langsung tanya teman, itu bukan mati tapi laptopmu lagi tidur kecapean he he :D kata temenku yang rambutnya lurus. Oh… begitu ya balasku. Caranya gi mana ya supaya tidak mati tanyaku dengan wajah serius. Mau tau? atau mau tau banget? Kata temenku yang suka bercanda. Dua-duanya jawabku  dengan suara tak kalah kerasnya. Akhirnya temenku ngasih tahu juga. Alhamdulillah. Ini dia caranya :

1. Klik kanan di layar walpapermu, akan muncul seperti ini 
   klik personalize !

2. Pilih screen sever


3. Akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini !
    kemudian kamu klik "change power setting"



4. Langkah selanjutnya akan muncul seperti gambar dibawah ini !
   pilih power sever dan kemudian klik "change plan settings"



5. Selanjutnya akan muncul gambar seperti ini !
   Nah, disini saatnya kamu pilih sesuka hatimu. Kalau kamu mau laptopmu
   nggak mati2 he he he :D pilih never aja !
   Setelah kamu pilih, jangan lupa di SAVE !



6. Selesaiii, Mudahkan. ! Jangan lupa baca hamdalah "alhamdulillah" setelah selesai

Minggu, 18 November 2012

PERANG YANG DINANTI

PERANG YANG DINANTI

Perang itu akhirnya pecah juga. zionis israel menyerang Gaza dgn membabi buta. Dlm hati kecil sy paling dalam, sy menyesal. Knp itu tdk terjadi saat sy msh di sana? Lho koq menyesal? Ya, krn sy dgn tim relawan KNRP saat msk ke Gaza sdh siap dgn semua resiko. Trmsk jk hrs melihat Gaza berjihad atau kami syahid di sana.

Sbnrnya raguuu sy tulis kalimat di atas, rasanya ingin dih

apuuus saja... Tapi rasanya, kalimat itu penting bagi sy utk melukiskan "jiwa" warga Gaza.

Memang bgm jiwa mereka skrg? Bersedih? Berduka? Meratap? Oh tidak... Mrk yg mengatakan warga Gaza skrg bersedih, berarti blm mengenal mrk. Sebaliknya, kini mrk bersuka cita. Perang ini mmg sdh nantikan sejak lama.

Bgm tidak? sy saja, org yg jauh dari bumi jihad itu menyesal tak bisa andil dlm jihad & meraih mati syahid, apalagi mereka.

zionis la'natullah merasa ketika membom Gaza telah menciptakan teror & kesedihan. Padahal sebaliknya, mrk malah menciptakan pesta syurga bagi warga Gaza. Syahid adlh jalan tersingkat & terbaik utk dapatkan syurga-Nya. Begitu keyakinan mutlak setiap warga Gaza yg berjumlah 1,7 juta itu.

Ahmad Ja'bary asy-syahid, komandan al-qossam yg dibom 14 nov lalu itu skrg sdg diarak malaikat. Semua warga Gaza iri dgnnya. Semuanya berharap menjadi syahid layaknya panglima yg memimpin lebih dari 20 ribu pasukan al-qossam itu.

Warga Gaza terus terjaga di tengah malam. Mrk bersiap menerima rudal israel. Tidak tidur & beribadah tak henti2, berharap ibadah itu mjadi penutup hidup mrk.

Dgn jiwa seperti itu, maka mungkinkah zionis mampu memenangkan perang ini? Malah sebaliknya, kini warga israel-lah yg ketakutan menerima kiriman roket dari pejuang Hamas. Para pemimpinnya sibuk mencari dukungan dari para tokoh dunia. Sementara dunia arab kini berbeda. Pemimpinnya tlah berganti satu demi satu. Pemimpin yg lebih dekat pd Islam.

Maka, sejatinya israel sdg membangunkan singa yg sdg tertidur. Aumannya terdengar sampai ufuk paling timur.

Wassalam,
Nasrullah

Jumat, 16 November 2012

1 Giga Byte = ?


 
Gigabyte atau dalam bahasa Indonesia gigabita merupakan kelipatan dari unit byte untuk penyimpanan informasi digital atau sebuah satuan unit informasi yang menunjukkan ukuran atau daya penyimpanan komputer yang disingkat Gbit (atau Gb). Satu gigabita sama dengan 109 (1.000.000.000) bita atau 220 (1.073.741.824) bita.


Kelipatan bita
Awalan desimal SI Penggunaan
biner
Awalan biner IEC
Nama
(Simbol)
Nilai Nama
(Simbol)
Nilai
kilobita (kB) 103 210 kibibita (KiB) 210
megabita (MB) 106 220 mebibita (MiB) 220
gigabita (GB) 109 230 gibibita (GiB) 230
terabita (TB) 1012 240 tebibita (TiB) 240
petabita (PB) 1015 250 pebibita (PiB) 250
eksabita (EB) 1018 260 eksbibita (EiB) 260
zettabita (ZB) 1021 270 zebibita (ZiB) 270
yottabita (YB) 1024 280 yobibita (YiB) 280



Tingkatan Perhitungan Bytes dari yang terkecil hingga yang terbesar. Kita pasti sudah sering mendengar byte, mega byte, dan giga byte. Di postingan kali ini kita akan membahas kapasitas yang lebih besar lagi. Berikut adalah kapasitas - kapasitas yang jarang kita dengar atau saya dengar, hehe. maklum masih pemula....

1. Byte
Byte = 8 bit

2. KiloByte
1. KiloBybe = 1024 Byte 

3. MegaByte
1. MegaByte = 1024 Kilobyte atau sama dengan 1024 x 1024 = 1.048.576 byte

4. GigaByte
1 Gigabyte = 1024 Megabyte atau sama dengan 1024 x 1024 x 1024 = 1.073.741.824 byte

5. TeraByte
1 Terabyte = 1024 Gigabyte atau sama dengan 1024x1024x1024x1024 = 1.099.511.627.776 byte

6.  PetaByte
1 Petabyte = 1024 Terabyte atau sama dengan 1024x1024x1024x1024x1024 = 1.125.899.906.842.624 byte

7. ExaByte
1 ExaByte = 1024 Petabyte atau sama dengan 1024x1024x1024x1024x1024x1024 =
1.152.921.504.606.846.976 byte


8. Zettabyte
1 Zettabyte = 1024 Exabyte atau sama dengan 1024x1024x1024x1024x1024x1024x1024 =
1.180.591.620.717.411.303.424 byte


9. Yottabytes
1 Yottabytes = 1024 Zettabyte atau sama dengan 1024x1024x1024x1024x1024x1024x1024x1024=
1.208.925.819.614.629.174.706.176 byte

Sumber : Wikipedia
 

Rabu, 07 November 2012

Bisnis Tanpa Modal

Banyak orang yang enggan berbisnis dengan alasan tidak punya modal (dalam bentuk uang). Apabila ini menjadi alasan maka sampai kapanpun orang tersebut tidak akan pernah memulai bisnis. Padahal, menurut pengalaman saya dan beberapa mitra bisnis, ternyata modal bukanlah kendala yang utama. Semoga pengalaman berikut menambah keyakinan Anda bahwa berbisnis tidak harus selalu menggunakan modal.
Pertama, pelanggan membayar dimuka. Apa bisa? Ya bisa. Saat saya kuliah dulu, saya mengedarkan penawaran pembelian berbagai buku yang diperlukan mahasiswa. Ada pesan yang saya tertulis di selebaran itu, “Bagi Anda yang melakukan pembayaran dimuka mendapat discount 10 persen.” Ternyata hampir semua pemesan membayar dimuka. Dengan uang inilah saya belanja buku di Palasari Bandung dengan discount 25-30 persen. Tanpa modal, kan?
Saat kuliah, saya juga pernah bisnis katering buat mahasiswa. Penawaran yang saya berikan, pembayaran dimuka untuk setiap pekan, padahal penawaran katering yang lain bulanan. Bila selera tidak cocok, maka mahasiwa akan tersiksa selama satu bulan. Penawaran yang saya berikan ternyata menarik 43 mahasiswa, dan itulah pelanggan pertama saya. Dari merekalah modal bisnis katering saya berjalan. Tanpa modal, kan?
Kedua, bagi hasil. Apabila Anda memiliki ide bisnis yang brilian, tawarkanlah kepada pemodal dengan sistem bagi hasil. Anda modalnya ide dan keahlian, pemiliki modal setor dana yang Anda perlukan. Saat saya mahasiswa, saya dulu punya bisnis rental komputer (Central Komputer dan Intelektual Komputer), keduanya saya jalankan dengan cara ini. Tanpa modal, kan?
Wah, cara ini hanya bisa dilakukan untuk bisnis kecil dong? Tidak juga, banyak sahabat saya menjalankan bisnis dengan cara ini dan aset usahanya milyaran bahkan ada yang trilyunan. Syaratnya hanya tiga: ide bisnis yang brilian, keahlian dan integitas.
Ketiga, tawarkan keahlian Anda. Apabila Anda punya keahlian tawarkanlah ke beberapa pelanggan. Uang pembayaran dari pelanggan inilah yang kemudian Anda jadikan sebagai modal untuk membesarkan bisnis Anda. Bangun sistem dan tim yang solid, dengan cara ini Anda bisa punya bisnis yang bisa terus berjalan sementara Anda pergi jalan-jalan.
Hati-hati, ada seorang ahli yang mengangggap dirinya pebisnis padahal ia self employee –ia tidak menghasilkan bila ia tidak bekerja. Dia menjadi seperti itu karena tidak bisa menjadikan bayaran yang diperoleh dari keahliannya sebagai modal untuk membangun sistem dan tim. Keahlian yang Anda miliki seharusnya menjadi sarana untuk mencari modal bisnis agar kelak Anda memiliki passive income yang massive saat tenaga Anda sudah melemah karena usia.
Masih banyak cara bisnis tanpa modal sendiri. Silakan yang punya pengalaman di-share di ruang komentar di bawah ini, agar banyak orang yang teinspirasi…
Salam SuksesMulia!


Pengertian Hardware Komputer

Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.



Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :

1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)

Komponen dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.

1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.

Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :

a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
keyboard qwerty

Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG

Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :

1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.

b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
perangkat mouse
Mouse Wireless

c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
Touch Pad
Touch Pad Track Ball
Pointing Stick

d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
perangkat Light Pen

e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Gambar Joy Stick dan Paddle Games

f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
Barcode Reader
contoh barcode
Gambar Barcode

g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Scanner
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.

h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
kamera digital

i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
headphone

j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

2. Process device (unit Pemrosesan)

Power Supplay
Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).

RAM (Random Access Memory) – Memory
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi. pengertian ram lebih detail klik di sini

Kartu grafis (unit keluaran)
Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.

Prosesor (unit pemprosesan)
Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda, pengertian prosesor <– lengkap klik di sini

Motherboard (unit pemprosesan)
Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.


3. Output device ( Unit keluaran )

Monitor
monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet. klik di sini –> pengertian printer lebih detail

speaker
Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

4. Backing Storage ( unit penyimpanan)

Harddisk (HDD)
Harddisk bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis. Harddisk pertama kali diciptakan oleh salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson pada tahun 1956. Harddisk yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan putaran mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.
Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya harddisk ukuran fiskiknya menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk saat juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel lain yang mendukung.


5. Periferal (unit tambahan)
Contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam unit tambahan atau periferal antara lain

Modem
pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog, klik di sini untuk pengertian modem lebih detail

kartu suara
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
- Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
- Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
- Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire

Tema Projek dan Contoh Implementasinya

  Tema Projek dan Contoh Implementasinya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sangat luas dan fleksibel. Masih banyak tema lainnya...